PT ULTRA JAYA TBK
PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk.
1. Sejarah Singkat PT Ultrajaya
(Persero)
Berawal dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an, PT
Ultrajaya telah berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi saat
ini sebagaisalah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk
susu dan jus buah.Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil
padatahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan
pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry
&Trading Company.PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan
terbesar diIndonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan
dalamkemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra
Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar dan Teh Kotak untuk
minumanteh segar.Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah
pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah,
segar dan berkualitas, mulai dari susu segar, daun teh hingga buah-buahan
tropis.Kesegaran bahan baku ini dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan
melaluiteknologi proses UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik
tanpamenggunakan bahan pengawet apapun.
Saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi
perusahaan inidipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke
negara-negara diAsia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik
untuk pasar dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk
yangsejenis.Pertumbuhan pesat tersebut diraih oleh adanya sebuah filosofi
sederhana:“Sebuah tekad untuk memproduksi produk dalam kemasan berkualitas
tinggimemenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus meningkat”.
Kesuksesanfilosofi ini ditentukan pula oleh kemampuan PT Ultrajaya yang sudah
terbuktidalam mencapai empat sasaran.Pertama, memastikan bahwa hanya bahan baku
terbaik yang digunakanuntuk proses produksi. Kedua, memroduksi jenis produk
sebanyak mungkin untuk konsumen kami. Ketiga, PT Ultrajaya memiliki teknologi
tepat yang membantudalam pengembangan dan produksi beragam produk berkualitas.
Dan akhirnyamengirimkan produk-produk ini ke seluruh konsumen Indonesia di mana
punmereka berada. Filosofi ini yang telah membuat PT Ultrajaya sukses di
masalampau, akan terus diterapkan di masa mendatang.
2. Struktur Organisasi Perusahaan
Dalam seitap perusahaan struktur organisasi sangat penting
fungsinya karena adanya struktur organisasi perusahaan, maka setiap karyawan
akan memperoleh gambaran tentang peranan masing-masing bagian serta
mengetahui wewenang dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya. Oleh karena
itustruktur organisasi dibuat dan disesuaikan dengan perkembangan, kemampuan dan
keadaan perusahaan. Dengan struktur organisasi maka dapat dilihat pembagian
tugas dalam organisasi dan kegiatan perusahaan secara garis besar.Berikut ini
adalah gambaran struktur organisasi PT Ultrajaya.
.
Gambar 2.1 Struktur Organisasi PT Ultrajaya
2.3 Deskripsi Jabatan
Secara
umum setiap bagian pada struktur organisasi memiliki kewajibanyaitu
melaksanakan kepatuhan terhadap sistem dan prosedur adapun tugas
darimasing-masing departemen dari struktur organisasi diatas, diantaranya :
1.
Board of Directors
a.Menetapkan
strategi perusahaan yang harus dilaksanakan oleh setiapdepartemen dan
perusahaan. b.Mengawasi dan mengevaluasi kinerja dari setiap karyawan
dandepartemen.
2.Corpurate
Secretary
a.Bertanggung
jawab untuk penyediaan dan penyebaran informasi kepadacalon investor dan
investor. b.Membina hubungan kepada pihak-pihak terkait dalam hal investasi.
3.
Internal Audit
a.Melakukan
pengawasan internal kepada seluruh departemen dankaryawan secara rutin dan
melaporkan kepada dewan direksi.
4.Sales
and Distributor
a.Bertanggungjawab
penuh dalam hal penjualan distibusi produk-produk PTUltrajaya ke seluruh
Indonesia pada target Outlet yang ditetapkan. b.Membina hubungan baik dengan
semua pelanggan PT Ultrajaya.
5.Marketing
a.Menyusun
rencana pemasaran untuk semua produk PT Ultrajaya. b.Melakukan evaluasi
aktivitas pemasaran sesuai dengan strategi perusahaan yang telah
ditetapkan.c.Berkerja sama dengan pihak lain seperti biro iklan atau Departemen
lainseperti bagian produksi untuk memastikan aktivitas pemasaran dapatdilakukan
dengan baik.
6.Manufacturing
a.Bertanggung
jawab penuh dalam hal produksi semua produk. b.PT Ultrajaya sesuai dengan
jumlah dan kualitas yang sudah ditetapkan.Bertanggung jawab penuh dalam hal
kelancaran produksi dan perawatanmesin-mesin yang digunakan dalam proses
produksi.
7.Personal and General Affairs
a.Bertanggungjawab penuh dalam hal penerimaan karyawan pelatihanhingga pembuataa peraturan-peraturan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.
a.Bertanggungjawab penuh dalam hal penerimaan karyawan pelatihanhingga pembuataa peraturan-peraturan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.
8. Finance and Accounting
a.Bertanggung jawab penuh dalam hal pelaporan keuangan dan akuntansiPT Ultrajaya sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. b.Menyusun laporan rutin dan melaporkan kepada dewan direksi.
a.Bertanggung jawab penuh dalam hal pelaporan keuangan dan akuntansiPT Ultrajaya sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. b.Menyusun laporan rutin dan melaporkan kepada dewan direksi.
9. MIS (Management Information Sistem)
a.Bertanggun jawab penuh dalam hal penyusunan dan pengendalian sistem informasi di PT Ultrajaya. b.Membantu setiap unit kerja di PT Ultrajaya demi kelancaran penyediaan informasi untuk dewan direksi.
a.Bertanggun jawab penuh dalam hal penyusunan dan pengendalian sistem informasi di PT Ultrajaya. b.Membantu setiap unit kerja di PT Ultrajaya demi kelancaran penyediaan informasi untuk dewan direksi.
10. Engineering
a.Membantu departemen manfacturing dalam hal pemeliharaan perbaikandan pengawasan mesin-mesin produksi yang digunakan.
a.Membantu departemen manfacturing dalam hal pemeliharaan perbaikandan pengawasan mesin-mesin produksi yang digunakan.
2.4 Aspek Kegiatan Perusahaan
(PRODUKSI)
PT Ultrajaya bergerak dalam industri makanan dan minuman. Di
bidang makanan perseroan memproduksi rupa-rupa mentega(butter),susu bubuk
(powder milk),dan susu kental manis
(sweetened condensed milk).
Di bidang minuman perseroan memproduksi minuman aseptic yang diproses dengan teknologi UHT
(Ultra High Temperatur)dan dikemas dalam kemasan karton seperti minuman susu,sari buah, the minuman tradisional dan minuman untuk kesehatan. Perseroan juga memproduksi teh celup(tea bags) dan konsentrat buah-buahan tropis (tropical fruit juice concentrate).
Dalam melakukan kegiatan usahanya perseroan melakukankerjasama dengan beberapa perusahaan yang memiliki reputasi internasional antaralain dengan Morrinoga-Jepang untuk memproduksi susu formula. Selain itu perseroanmenjalin kerjasama dengan Kraft Foods Internasional Inc., USA, dengan mendirikan perusahaan patungan PT Kraft Ultrajaya Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri keju.
(sweetened condensed milk).
Di bidang minuman perseroan memproduksi minuman aseptic yang diproses dengan teknologi UHT
(Ultra High Temperatur)dan dikemas dalam kemasan karton seperti minuman susu,sari buah, the minuman tradisional dan minuman untuk kesehatan. Perseroan juga memproduksi teh celup(tea bags) dan konsentrat buah-buahan tropis (tropical fruit juice concentrate).
Dalam melakukan kegiatan usahanya perseroan melakukankerjasama dengan beberapa perusahaan yang memiliki reputasi internasional antaralain dengan Morrinoga-Jepang untuk memproduksi susu formula. Selain itu perseroanmenjalin kerjasama dengan Kraft Foods Internasional Inc., USA, dengan mendirikan perusahaan patungan PT Kraft Ultrajaya Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri keju.
2.4.1 Pemasaraan, Penjualan Dan
Distibusi
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran
yang terfokus terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam
produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.Untuk
melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yangsignifikan
dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling
penting, distribusi.Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia
yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah
Indonesia, mulaidari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal
ini dapat dicapaioleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir
yang bersama-samamelayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan
tradisional), hotel dan pelanggan komersial.Jaringan distribusi ini juga
didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajayayang terdiri dari lebih 300 tenaga
penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depodan kantor cabang di kota-kota
besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.
Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orangyang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan inimulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.
Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orangyang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan inimulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.
2.4.2 Penerimaan
Karyawan
Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia
beragamaIslam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas
produk Halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan Sertifikat Halal
yangresmi dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).Keseluruhan sistem
kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasiterbaik dari semua
konsumen. Perusahaan ini memiliki karyawan sebanyak 1,100orang – terdiri dari
tim manajemen, pabrik, tenaga penjualan dan pemasaran – memiliki motivasi kerja
yang sangat tinggi dan berpengalaman di bidangnya.PT Ultrajaya mempunyai
rencana pengembangan karyawan yang lengkapmencakup pelatihan keterampilan,
kesempatan karir dan program pensiun untuk karyawan yang memasuki masa pensiun.
Pada saat yang sama, perusahaan ini.
2.4.3 Riset, Pengembangan, Dan
Pengawasan Mutu
Sebagai pemimpin pasar, PT Ultrajaya selalu berusaha untuk
tetap berada di baris terdepan untuk kegiatan penelitian, pengembangan dan
pengawasan mutu.Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan
pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan
produk- produk baru yang mampu memertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar
dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam
produknya dari produk tunggal pada tahun 1975 menjadi lebih 60 produk saat ini
yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar.PT Ultrajaya sangat bertekad
penuh akan kualitas produk. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, sistem
pengawasan mutu dijalankan dengan ketat, tidak hanya pada produknya saja, tapi
juga pada proses produksi dan penyimpanannya.Di samping itu, mengingat sebagian
besar konsumen Indonesia beragamaIslam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua
persyaratan kualitas produk halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan
Sertifikat Halal yang resmidikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).
Keseluruhan sistem kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasi terbaik
dari semua konsumen.
2.4.4 Teknologi Industri
Penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini,
PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan
dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu
mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin
yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk
memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk
menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.PT Ultrajaya yang pertama
kali menggunakan teknologi UHT (Ultra HighTemperature) dan pengemasan aseptik di
Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu
panjang. Pengalamannya di bidang initelah mencapai lebih dari 3 dekade dan
memberikan posisi kuat sebagai pemimpin pasar di industri ini. PT Ultrajaya
saat ini merupakan salah satu produsen terbesar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar