Minggu, 15 Desember 2013

PT ULTRA JAYA TBK





PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk.

1. Sejarah Singkat PT Ultrajaya (Persero)
Berawal dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an, PT Ultrajaya telah berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi saat ini sebagaisalah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk susu dan jus buah.Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil padatahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry &Trading Company.PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar diIndonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalamkemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar dan Teh Kotak untuk minumanteh segar.Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah, segar dan berkualitas, mulai dari susu segar, daun teh hingga buah-buahan tropis.Kesegaran bahan baku ini dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melaluiteknologi proses UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik tanpamenggunakan bahan pengawet apapun.
Saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi perusahaan inidipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara diAsia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk yangsejenis.Pertumbuhan pesat tersebut diraih oleh adanya sebuah filosofi sederhana:“Sebuah tekad untuk memproduksi produk dalam kemasan berkualitas tinggimemenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus meningkat”. Kesuksesanfilosofi ini ditentukan pula oleh kemampuan PT Ultrajaya yang sudah terbuktidalam mencapai empat sasaran.Pertama, memastikan bahwa hanya bahan baku terbaik yang digunakanuntuk proses produksi. Kedua, memroduksi jenis produk sebanyak mungkin untuk konsumen kami. Ketiga, PT Ultrajaya memiliki teknologi tepat yang membantudalam pengembangan dan produksi beragam produk berkualitas. Dan akhirnyamengirimkan produk-produk ini ke seluruh konsumen Indonesia di mana punmereka berada. Filosofi ini yang telah membuat PT Ultrajaya sukses di masalampau, akan terus diterapkan di masa mendatang.
2. Struktur Organisasi Perusahaan
Dalam seitap perusahaan struktur organisasi sangat penting fungsinya karena adanya struktur organisasi perusahaan, maka setiap karyawan akan memperoleh gambaran tentang peranan masing-masing bagian serta mengetahui wewenang dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya. Oleh karena itustruktur organisasi dibuat dan disesuaikan dengan perkembangan, kemampuan dan keadaan perusahaan. Dengan struktur organisasi maka dapat dilihat pembagian tugas dalam organisasi dan kegiatan perusahaan secara garis besar.Berikut ini adalah gambaran struktur organisasi PT Ultrajaya.
.
Gambar 2.1 Struktur Organisasi PT Ultrajaya
2.3 Deskripsi Jabatan
Secara umum setiap bagian pada struktur organisasi memiliki kewajibanyaitu melaksanakan kepatuhan terhadap sistem dan prosedur adapun tugas darimasing-masing departemen dari struktur organisasi diatas, diantaranya :
 
1. Board of Directors
a.Menetapkan strategi perusahaan yang harus dilaksanakan oleh setiapdepartemen dan perusahaan. b.Mengawasi dan mengevaluasi kinerja dari setiap karyawan dandepartemen.
2.Corpurate Secretary
a.Bertanggung jawab untuk penyediaan dan penyebaran informasi kepadacalon investor dan investor. b.Membina hubungan kepada pihak-pihak terkait dalam hal investasi.
3. Internal Audit
a.Melakukan pengawasan internal kepada seluruh departemen dankaryawan secara rutin dan melaporkan kepada dewan direksi.
4.Sales and Distributor
a.Bertanggungjawab penuh dalam hal penjualan distibusi produk-produk PTUltrajaya ke seluruh Indonesia pada target Outlet yang ditetapkan. b.Membina hubungan baik dengan semua pelanggan PT Ultrajaya.
5.Marketing
a.Menyusun rencana pemasaran untuk semua produk PT Ultrajaya. b.Melakukan evaluasi aktivitas pemasaran sesuai dengan strategi perusahaan yang telah ditetapkan.c.Berkerja sama dengan pihak lain seperti biro iklan atau Departemen lainseperti bagian produksi untuk memastikan aktivitas pemasaran dapatdilakukan dengan baik.
6.Manufacturing
a.Bertanggung jawab penuh dalam hal produksi semua produk. b.PT Ultrajaya sesuai dengan jumlah dan kualitas yang sudah ditetapkan.Bertanggung jawab penuh dalam hal kelancaran produksi dan perawatanmesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi.
7.Personal and General Affairs
a.Bertanggungjawab penuh dalam hal penerimaan karyawan pelatihanhingga pembuataa peraturan-peraturan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.
 
8. Finance and Accounting
a.Bertanggung jawab penuh dalam hal pelaporan keuangan dan akuntansiPT Ultrajaya sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. b.Menyusun laporan rutin dan melaporkan kepada dewan direksi.
 
9. MIS (Management Information Sistem)
a.Bertanggun jawab penuh dalam hal penyusunan dan pengendalian sistem informasi di PT Ultrajaya. b.Membantu setiap unit kerja di PT Ultrajaya demi kelancaran penyediaan informasi untuk dewan direksi.
 
10. Engineering
a.Membantu departemen manfacturing  dalam hal pemeliharaan perbaikandan pengawasan mesin-mesin produksi yang digunakan.
2.4 Aspek Kegiatan Perusahaan (PRODUKSI)
PT Ultrajaya bergerak dalam industri makanan dan minuman. Di bidang makanan perseroan memproduksi rupa-rupa mentega(butter),susu bubuk (powder milk),dan susu kental manis
(sweetened condensed milk).
Di bidang minuman perseroan memproduksi minuman aseptic yang diproses dengan teknologi  UHT
(Ultra High Temperatur)dan dikemas dalam kemasan karton seperti minuman susu,sari buah, the minuman tradisional dan minuman untuk kesehatan. Perseroan juga memproduksi teh celup(tea bags) dan konsentrat buah-buahan tropis (tropical fruit  juice concentrate).
Dalam melakukan kegiatan usahanya perseroan melakukankerjasama dengan beberapa perusahaan yang memiliki reputasi internasional antaralain dengan Morrinoga-Jepang untuk memproduksi susu formula. Selain itu perseroanmenjalin kerjasama dengan Kraft Foods Internasional Inc., USA, dengan mendirikan perusahaan patungan PT Kraft Ultrajaya Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri keju.
2.4.1 Pemasaraan, Penjualan Dan Distibusi
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.Untuk melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yangsignifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting, distribusi.Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulaidari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapaioleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-samamelayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajayayang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depodan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.
Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orangyang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan inimulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.
 2.4.2 Penerimaan Karyawan
Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia beragamaIslam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas produk Halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan Sertifikat Halal yangresmi dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).Keseluruhan sistem kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasiterbaik dari semua konsumen. Perusahaan ini memiliki karyawan sebanyak 1,100orang – terdiri dari tim manajemen, pabrik, tenaga penjualan dan pemasaran – memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi dan berpengalaman di bidangnya.PT Ultrajaya mempunyai rencana pengembangan karyawan yang lengkapmencakup pelatihan keterampilan, kesempatan karir dan program pensiun untuk karyawan yang memasuki masa pensiun. Pada saat yang sama, perusahaan ini.
2.4.3 Riset, Pengembangan, Dan Pengawasan Mutu
Sebagai pemimpin pasar, PT Ultrajaya selalu berusaha untuk tetap berada di baris terdepan untuk kegiatan penelitian, pengembangan dan pengawasan mutu.Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan produk- produk baru yang mampu memertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam produknya dari produk tunggal pada tahun 1975 menjadi lebih 60 produk saat ini yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar.PT Ultrajaya sangat bertekad penuh akan kualitas produk. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, sistem pengawasan mutu dijalankan dengan ketat, tidak hanya pada produknya saja, tapi juga pada proses produksi dan penyimpanannya.Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia beragamaIslam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas produk halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan Sertifikat Halal yang resmidikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Keseluruhan sistem kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasi terbaik dari semua konsumen.
2.4.4 Teknologi Industri
Penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.PT Ultrajaya yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra HighTemperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Pengalamannya di bidang initelah mencapai lebih dari 3 dekade dan memberikan posisi kuat sebagai pemimpin pasar di industri ini. PT Ultrajaya saat ini merupakan salah satu produsen terbesar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar